CALL Material


C A L L

Computer Assisted Language Learning adalah pemanfaatan komputer sebagai alat bantu belajar bahasa. Menurut Turner & Taylor (2000), CALL mempunyai dua kategori yang luas, CALL yang "tradisional dan CALL yang menggunakan sumber "generic (asli)". Call yang tradisional dikembangkan dari disain pembelajaran dan pelatihan berbasis komputer yang dikenal luas di luar pengajaran bahasa. Untuk menjalankan program ini, kita memerlukan sebuah komputer plus alat pengeras suara (speaker) dan CD-ROM untuk perangkat lunak audionya. Dalam kerangka yang disajikan oleh program pelatihan CALL AMES Victorias Computer Literacy Centre (Corbel, 1998, yang dikutip di Turner & Taylor, 2000), CALL yang tradisional menawarkan perangkat lunak yang dibagi menjadi tiga kategori. 

Kategori yang pertama adalah perangkat lunak dengan pendekatan pengajaran, dimana komputer dirancang untuk mengajarkan sesuatu. Dalam hal ini, pelajaran bahasa dilihat tidak hanya secara akumulatif, membangun dari hal paling kecil ke hal yang lebih besar tetapi juga secara kolektif dari sistem formal, tatabahasa, kosa kata, dan pengucapan kata-kata yang dapat dihadapkan dengan secara terpisah (Corbel, 1999). Pendekatan ini, bersandar pada konsistensi dan "kesabaran" komputer, pengulangan, penjelasan dan aktivitas siswa. Dengan kehadiran multimedia yang menyediakan fasilitas penyimpanan yang lebih besar pada CD-ROM, pelajar dapat menikmati interaksi dan tanggapan yang lebih canggih ketika membuka paket program seperti Click into English dan Planet English (Turner & Taylor, 2000). 

Kategori yang kedua adalah perangkat lunak dengan pendekatan penyelidikan (exploratory). Dimana kendali yang lebih besar berada di tangan pelajar. Dalam hal ini, belajar bahasa dilihat sebagai bagian kompleks yang saling berjalin dari sebuah sistem. Pelajaran bahasa diperlakukan sebagai sebuah proses penemuan atau penyelidikan sampai pembentukan melalui uji coba hipotesis yang dilakukan sendiri oleh siswa. Dengan kapasitas penyimpanan data yang sangat besar pada CD Rom, uji coba-uji coba yang dilakukan siswa dapat disimpan terlebih dahulu dan digunakan kembali sampai menemukan yang dimaksud. 

Kategori yang yang ketiga adalah perangkat lunak untuk memanipulasi teks, yang terdiri dari unsur-unsur penelitian dan pendekatan lain yang lebih luas. Pendekatan ini melihat bahasa sebagai satuan sistem yang terintegrasi sedangkan komputer adalah sebagai alat. Corbel (1999) mengatakan bahwa pembelajaran dengan pendekatan ini didapat melalui praktek dan permainan dibandingkan instruksi melalui praktek dan latihan.

Dalam perkuliahan ilmu keguruan media berperan penting dalam proses pembelajaran. Saat ini kami akan membagikan sebuah output dari MovieMaker, yang mana disini kita sebagai pengajar memberikan sebuah media kepada siswa berupa video yang telah melalui proses editing, sehingga pembelajaran dan media yang digunakan tidak terkesan ngawur.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar