KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
A.
Kriteria Umum Pemilihan Media
Kriteria
pemilihan media
Kesesuaian
dengan Tujuan (instructionagoals). Perlu di kaji tujuan pembelajaran
apa yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan
pembelajaran. Dari kajian Tujuan Instruksional Umum (TIU)
atau Tujuan Instruksional Khusus (TIK) ini bisa
dianalisis media apa yang cocok guna mencapai tujuan
tersebut.
Kesesuaian
dengan materi pembelajaran (instructional content), yaitu bahan atau
kajian apa yang akan diajarkan pada
program pembelajaran tersebut. Pertimbangan lainnya,
dari bahan atau pokok bahasan tersebut sampai sejauhmana kedalaman
yang harus dicapai, dengan demikian kita bisa
mempertimbangkan media apa yang sesuai untuk penyampaian bahan tersebut.
Kesesuaian
dengan Karakteristik Pebelajar atau siswa. Dalam hal ini media haruslah
familiar dengan karakteristik siswa/guru. Yaitu
mengkaji sifat-sifat dan cirri media yang akan
digunakan. Hal lainnya karakteristik siswa, baik secara kuantitatif (jumlah)
ataupun kualitatif (kualitas, ciri, dan kebiasaan lain) dari siswa
terhadap media yang akan digunakan. Terdapat media
yang cocok untuk sekelompok siswa, namun
tidak cocok untuk siswa yang lain.
Kesesuaian
dengan teori.Pemilihan
media harus didasarkan atas kesesuaian dengan
teori. Media yang dipilih bukan karena fanatisme guru terhadap suatu media yang
dianggap paling disukai dan paing bagus, namun didasarkan atas teori yang di
angkat dari penelitian dan riset sehingga telah teruji validitasnya.
Kesesuaian
dengan gaya belajar siswa. Kriteria ini didasarkan atas kondisi psikologis
siswa, bahwa siswa belajar dipengaruhi pula oleh gaya belajar siswa.
Kesesuaian
dengan kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu
yang tersedia. Bagaimana bagusnya sebuah media, apabila tidak didukung oleh
fasilitas dan waktu yang tersedia, maka kurang efektif. Misalnya guru IPA
merencanakan untuk mengadakan pembelajaran dengan memanfaatkan TV Edu, tentu
saja guru tersebut harus mengalokasikan waktu yang tepat sesuai dengan
jam tayang dalam TV edu tersebut.
Sejumlah
kriteria khusus lainnya dalam memilih media
pembelajaran yang tepat dapat kita rumuskan dalam satu kata ACTION yaitu :
ACCSES,
kemudahan
akses menjadi pertimbangan pertama dalam pemilihan media.
COST, biaya juga harus dipertimbangkan .
TECHNOLOGY,
apakah
ada listrik atau voltage listrik.
INTERACTIVITY, media yang baik adalah yang mampu
menghasilkan hubungan timbal balik.
ORGANIZATION
NOVELTY, kebaruan dari media yang dipilih
juga harus menjadi pertimbangan.
Assalamu'alaikum, Rina, it is OK, but too many barrier to see your blog, delete the opening barrier, like welcoming page. no pages, add them and post the CALL preparation materials that have been edited by using link to mediafire. see my blog for your final task. I wait
BalasHapus